10112011057

Aku perkenalkan Azhar Aza Mahira. putra pertama kami yang lahir pada 7 September 2010. foto ini diambil ketika dia berumur 1 tahun lebih berapa gitu diriku lupa. aku memang sedikit punya short term memory untuk beberapa kasus. bukan karena sakit sih, tapi sengaja. karena menurut Hadist, semua kebaikan itu mesti dilupakan. nah, pas ambil foto ini aku lagi baik. jadi aku lupakan. tapi agak aneh, kalo aku berbuat baik terus pasti selalu lupa. tenang sayang, suamimu tak akan lupa dirimu wahai istriku.

aku dan Aza lagi tos minuman. aku minum soda, anakku minum susu. kejadian ini di kasur tempat kami beristirahat tidur, bahkan kadang kami gunakan untuk bercinta. tentu saja ketika Aza sedang tertidur pulas. mungkin saat itu Aza sedang bermimpi di sebuah kapal di tengah badai laut lepas goyang2 🙂

dari umur 6 bulan hingga 3 tahun, sekitar pantat dan kelamin Aza kami tutupi dengan diapers. agar kalo pipis dan boker sedikit tidak merepotkan.

setelah Aza lewat 3 tahun, aku dan istri ingin sekali mengajarkan kepada Aza bahwa boker dan pipis itu di toilet bukan di celana.

istriku mengambil cuti, aku tidak. 4 hari pertama, rumah kontrakan kami penuh dengan bau pesing. dan jika pagi, aza pernah boker depan TV. kebayangkan lenyek2 warna kuning itu ada didekat kita. ueeeekkkk….

seminggu melatih Aza tidak menggunakan diapers salah satu perjuangan. lebih rumit dari bermain puzzle. begitulah istriku yang cantik, makin cinta abang dengan kau sayang. sepenuh hati mengajarkan tentang hidup kepada anak kami dimulai dari cara pipis dan boker.

pernah suatu hari aku liat ditoilet istriku peragakan jongkok boker, Aza ngeliat perhatikan gimana caranya jongkok

“begini ya Za kalo mau belang* (*boker)” bilang istriku sambil jongkok di lantai toilet

“iya bunda, hihihi…. bunda lutu” Aza menyahut sambil jongkok juga.

setelah seminggu itu, Aza akhirnya sudah bisa pipis dan boker di toilet. bahkan, Aza pernah rekor menahan pipis seharian penuh dengan kuantitas minum susu yang banyak. anak-anak memang susah di mengerti.

dengan suksesnya kami mengajarkan kepada Aza pipis di toilet. bukan berarti bau pesing di kamar hilang begitu saja. masalah baru adalah ngompol. aku yakin, ketika Aza ngompol waktu tidur pasti mimpinya lagi pipis atau lagi berenang. karena aku juga pernah. ketika bangun pagi, baju kami basah pipis dan bau pesing. Selamat Pesing.

